Tugas Ipa

Posted by : Dimas Raharditya Wibowo

1. Anemia
Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan hemoglobin dan sel darah merah.Kurangnya Hb dapat disebabkan kurangnya makan makanan yang mengandung zat besi.
Penyebab anemia:
Tubuh kekurangan Hb dan sel darah merah, faktor keturunan, menstruasi, kehamilan, kondisi seperti kanker, gagal ginjal, atau kegagalan hati, dan rendahnya asupan gizi serta makanan.
Akibat anemia:
Anemia menyebabkan tubuh kekurangan oksigen sehingga tubuh terasa lesu, kepala pusing, muka pucat, kelopak mata pucat, sering kelelahan, sering mual, ujung jari pucat, sering sesak napas, denyut jantung tidak teratur, rambut rontok, dan menurunnya kekebalan tubuh.
Pencegahan dan penanganan anemia:
Banyak makan makanan yang mengandung zat besi, banyak makan makanan yang membantu penyerapan zat besi (tomat, pisang, pepaya, dll), mengurangi minuman yang memperlambat penyerapan zat besi (kopi, teh, anggur merah), dan rajin memeriksa kondisi kesehatan.
Penderita dapat diberikan suplemen zat besi, banyak makan sayuran hijau, jika sudah parah dapat dilakukan transfusi darah.

2. TEKANAN DARAH RENDAH (HIPOTENSI)
Hipotensi adalah keadaan tekanan darah dibawah normal (tekanan darah sistolik < 120 mmHg dan diastolik < 80 mmHg).

Penyebab hipotensi:
Terlalu banyak minum obat penurun tekanan darah, muntaber, dan kurangnya pemompaan darah di jantung.

Pencegahan dan penanganan hipotensi:
Makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, selalu sarapan sebelum beraktivitas, mengonsumsi makanan yang mengandung garam untuk meningkatkan tekanan darah, minum yang cukup, olahraga teratur, dan minum vitamin bila perlu.
Penderita hipotensi dapat diberikan obat-obatan untuk meningkatkan tekanan darah.

3. TEKANAN DARAH TINGGI (HIPERTENSI)
Hipertensi adalah keadaan tekanan darah yang melebihi normal (tekanan darah sistolik 140-200 mmHg atau lebih, dan diastolik 90-110 mmHg atau lebih).
Jantung penderita bekerja lebih keras bahkan dapat memecahkan pembuluh darah.

Penyebab hipertensi:
Nikotin pada rokok, faktor keturunan, stres, kelebihan berat badan, kelebihan garam, kurang olahraga, kelebihan obat-obatan, peminum minuman beralkohol, umur, kegemukan, dan keturunan.

Pencegahan dan penanganan hipertensi:
Tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, diet rendah garam dan rendah lemak, olahraga teratur, dan istirahat bila lelah/tegang.
Hipertensi tidak bisa disembuhkan tetapi bisa dikontrol dengan pola hidup sehat, seperti cara-cara pencegahan tadi, penderita juga dapat menggunakan obat penurun tekanan darah sesuai dengan resep dokter, dan membatasi konsumsi kafein.

4. LEUKIMIA (KANKER DARAH)
Leukimia adalah penyakit bertambahnya sel darah putih (leukosit) yang tidak terkendali, akibat kanker jaringan penghasil sel-sel darah putih.

Penyebab leukimia:
Jaringan yang seharusnya membentuk sel darah merah (eritrosit) justru membentuk sel darah putih (leukosit). Jumlah sel darah putih akan melebihi normal, sedangkan jumlah sel darah merah menurun.

Pencegahan dan penanganan leukimia:
Jika penyebab leukimia adalah radiasi, maka pencegahan dilakukan dengan menghindari terkena radiasi tersebut.
Sumber:https://brainly.co.id/tugas/13124618

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Science Comunity - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -